Dapur Cantik

Koleksi Resep Cilor Saus Kacang

Gambar Masakan CILOR SAUS KACANG Dapur Cantik
Rekomendasi :
CILOR SAUS KACANG merupakan resep masakan yang menggunakan cilok sebagai bahan utamanya. Cilor merupakan singkatan dari Cilok Telor yaitu cilok yang digoreng dan dicampur dengan telur. Rasanya empuk, kenyal, crispy, apalagi jika dipadukan dengan saus kacang. Mari membuat Cilor Saus Kacang hari ini untuk keluarga di rumah. Silakan dicoba!

Bahan-bahan CILOR SAUS KACANG :

  • 1 resep Adonan Dasar Cilok
  • 25 buah tusuk sate
  • 2 butir telur ayam, dikocok lepas

  • Saus Kacang :
  • 1 bungkus sinti
  • air panas secukupnya

Cara membuat CILOR SAUS KACANG :

  1. Bentuk bulatan-bulatan dari adonan dasar cilok lalu rebus hingga matang, tambahkan minyak dalam air rebusan. Sisihkan, tunggu hingga uap panasnya menghilang atau dingin.
  2. Setelah cilok dingin, lalu tusuk menggunakan tusuk sate, satu tusuk dapat berisi 4-5 buah cilok.
  3. Lakukan hingga cilok habis. Sisihkan.
  4. Panaskan minyak dalam wajan, banyaknya minyak hingga cilok terendam.
  5. Celupkan sate cilok ke dalam telur yang sudah dikocok lepas tadi, lalu goreng sebentar. Kemudian angkat dan celupkan kembali ke dalam telur lalu goreng lagi hingga cokelat keemasan. Angkat dan tiriskan.
  6. Untuk saus kacangnya, haluskan sinti menggunakan sendok lalu campur dengan air panas, secukupnya saja, hingga kental. Sisihkan.
  7. CILOR SAUS KACANG siap disajikan sebagai cemilan keluarga. Disantap dengan cara dicelupkan ke dalam saus kacangnya.
Tips CILOR SAUS KACANG :
- Saat menggoreng cilor, dilakukan dua kali proses pencelupan dalam telur, ini dimaksudkan agar kulitnya terbungkus lebih tebal dan lebih enak rasanya.
- Saat proses merebus cilok, tambahkan minyak dalam air rebusan agar nantinya cilok tidak akan saling menempel satu sama lain.
- Besar ukuran cilok disesuaikan selera. Sebagai catatan, cilok akan mengembang pada saat proses perebusan.
- Pada saat proses perebusan, tandanya matang adalah cilok sudah mengapung, tapi jangan langsung diangkat, tunggu sebentar sekitar 2-3 menit, supaya cilok matang sempurna di bagian tengahnya.

Nilai: 4.8/5 (2902)

Pesan : Selamat Menikmati CILOR SAUS KACANG..

Komentar berupa saran dan kritik sangat kami terima. Mohon untuk tidak menggunakan status sebagai Anonim, karena tidak akan dipublikasikan komentarnya :)