Dapur Cantik

Koleksi Resep Tentang DC

Dapur Cantik adalah sebuah blog masak yang dibuat oleh saya, Mama Fakhry untuk mengumpulkan resep-resep masakan Mama sebagai bekal di masa depan. Kenapa tidak ditulis di buku saja? Kenapa harus di internet?

Alasan utamanya adalah karena saya sangat menyukai dunia internet dan sebelumnya sudah menjadi blogger selama 15 bulan sejak pertama kali Dapur Cantik ini berdiri pada tanggal 27 September 2007. Awalnya DC ini akan dibuat menjadi private blog namun atas saran dari orang-orang terdekat, akhirnya saya pun memutuskan blog DC untuk dikonsumsi publik.

Masakan-masakan yang disajikan di DC adalah sebagian besar resep turun menurun-nya Mama dari Nenek (kebanyakan masakan dari pulau Sumatera terutama Padang). Mama sendiri belajar masak secara otodidak setelah menikah. Saya sendiri sebenarnya hobi memasak, tapi lebih interest ke appetizer dan dessert seperti makanan kecil (kue), masakan luar negeri, jajanan kecil Indonesia, tidak seperti Mama yang sudah sangat mahir dengan main course-nya dan terkenal dengan Gulai Kepala Kakap dan Rendang Sapi di kantor beliau dan kantor Papa.

Sengaja resep masakan yang ditulis disini, untuk beberapa bahan dan bumbu seperti garam, minyak, air, hanya ditulis dengan "secukupnya" saja, dengan alasan masyarakat Indonesia memiliki berbagai kebudayaan (dalam hal masakan) dengan cita rasa yang beraneka ragam, secara implisit, DC ingin memberi kebebasan rasa bagi siapa saja yang ingin mencoba resepnya. Begitu juga untuk masalah "bumbu penyedap" yang masih mengundang kontroversi hingga sekarang.

Dapur Cantik adalah satu dari sekian banyak blog masakan Indonesia (pada umumnya) yang sudah banyak bermunculan dalam dunia blogging Indonesia. Mudah-mudahan dengan hadirnya blog DC ini bisa menginspirasi siapa saja yang ingin/mulai belajar memasak. Mudah-mudahan saya juga bisa menjadi "professional chef" seperti Mama suatu hari nanti ;-)

O iya, bagi siapa saja yang ingin meng-copy resep masakan Dapur Cantik, dipersilakan dengan mengikuti aturan blogging yang baik dan benar dalam hal copy paste dengan menyebutkan sumber aslinya. Karena blog juga adalah hasil karya cipta seseorang.

Selamat Berkreasi dalam Memasak. Have a Lovely Day!

Lovely Regards,
Koleksi Resep Unik Khas Dapur Cantik