Dapur Cantik

Koleksi Resep Pancake Aneka Rasa

pancake aneka rasa dapur cantik
Rekomendasi :
Resepnya pada dasarnya hampir sama dengan Crepes Basah Aneka Isi yang pernah disajikan. Hanya ketebalannya saja yang berbeda. Pancake umumnya berbentuk agak bulat kecil, sedikit gemuk di tengah. Saat dimasak, bentuk permukaannya menyerupai kue surabi, berlubang-lubang. Sangat cocok sebagai kudapan untuk anak kecil. Silahkan dicoba!

Bahan Resep Pancake Aneka Rasa

  • 100 gram tepung terigu protein sedang (Segitiga Biru)
  • 30 gram susu bubuk
  • 30 gram gula pasir
  • 200 mL susu cair full cream
  • 30 gram margarin, dicairkan
  • 1 butir telur ayam (suhu ruang), dikocok lepas
  • 1 sendok makan baking powder

  • Bahan isi :
  • keju parut secukupnya
  • selai nenas
  • selai stroberi

Cara Membuat Pancake Aneka Rasa

  1. Campurkan tepung terigu, susu bubuk, gula pasir hingga tercampur rata.
  2. Masukkan telur ayam yang sudah dikocok, tambahkan susu cair dan margarin yang sudah dicairkan.
  3. Beri baking powder lalu aduk hingga benar-benar tercampur rata.
  4. Panaskan wajan kecil khusus pancake. Beri minyak sedikit saja.
  5. Kemudian dadar adonan pancake di atas api yang sangat kecil.
  6. Setelah seluruh permukaannya berlubang dan pinggirnya sedikit keras (baca: mudah untuk dibalikkan), baru dibalik dan dimasak sebentar saja.
  7. Lakukan hal ini hingga adonan habis.

Cara penyajian :
  1. Beri selai nenas atau selai stroberi pada permukaan pancake yang berlubang-lubang.
  2. Tambahkan sedikit keju parut di tengahnya. Lalu tutup dengan pancake lagi di atasnya.
  3. Bagi yang sangat suka keju, bisa diisi dengan keju parut saja dan taburi dengan susu kental manis.
Tips :
- Memasak pancake harus dengan api yang sangat kecil, agar tidak cepat matang alias gosong.
- Gunakan wajan teflon yang memang dikhususkan untuk membuat pancake. Lihat bentuk cetakannya disini.
- Setiap akan membuat dadar pancake, jangan lupa beri 1/2 sendok teh minyak goreng ke atas wajannya. Ini dimaksudkan agar pancake tidak lengket dan mudah untuk dibalik.
- Gunakan sendok yang pipih, datar dan tipis untuk membalik pancake.
- Adonan pancake yang sudah siap, sebaiknya dituangkan ke dalam cangkir yang ada "mulut"-nya. Ini dimaksudkan agar dapat dengan mudah saat menuangkan pancake di atas wajan dan pancake yang dihasilkan pun dapat terorganisir hingga bisa menjadi tipis dan rata.

Nilai: 4.8/5 (1891879)

Pesan : Selamat Menikmati Pancake Aneka Rasa...

25 comments

hm ...... coba pk selai kacang deh ... pasti enac .. ^^

Balas

kalo enak, bagi2 disini ya pengalamannya ;)

Balas

pake selai blueberry..

mantaph

Balas

Wah lucu n yummy tapi kalau tepungnya 1 ons bpnya 1 sdm nggak kebanyakan ya mbak...
Salam kenal ya, thanks resepnya

Balas

berapa lama ya dipanggangnya? atau kita lihat permukaannya saja utk melihat sudah matang atau blm?

Balas

Wah, resep nya Pas banget,sudah saya coba. Dan hasilnya sangat Enak...
Terima kasih

Balas

anak2ku seneng pancake,biasanya beli...mungkin aku bakal bikin kalau resepnya sesimpel ini

Balas

pancake bikinanku kok ga ngembang ya?malah jd kaya dadar,padahal sdh ngikutin resepnya..kira2 knp ya?

Balas

@tazaki, pancake tidak mengembang seperti roti, bentuknya mirip seperti surabi tetapi tipis dan lebih lebar :)

Balas

wah,.. bikin ngiler aja,.. hehehe thanks ya buat resepnya :-D

Balas

wahh,,bisa di pake ne wat di resto...

Balas

kesalahan yang paling sering terjadi dalam membuat pancake apa ya mba? maaf masih newbie :)

Balas

@amatir, saat membuat kulit pancake nya.

Balas

@ mba silvy: seperti apa mba kesalahannya..terus menanganinya gimana?oiya,,istilah dikocok lepas (buat telor) ituh artinya apa ya? maaf banyak nanya,maklum amatir.trimakasih :)

Balas

음, 맛 ...! :D

Balas

@Ciprit, sama-sama, semoga bermanfaat :)
@Nan, 감사 ^_^

Balas

Wow....

Mau nyobain bikin pancake...

Balas

wah langsung di praktekin ahhhhhh....

Balas

Kayaknya enak,... buatnya juga gampang, bahannnya semua ada d dapur..

Balas

Iseng2 nyoba, hsilx enk jga. . Gamsa hamnida resepx eaw.

Balas
Vio Angelina

Thanks ya......karena udah ada resep buat tugas kompitisi di sekolah.................

Balas

Kalo bisa disertai juga dg waktu yg dibutuhkan utk memasak, biar kita tahu kalo waktu yg dibutuhkan.

Balas

hihi izin membuat yah, pasti enak makyuss nihh

Balas

Komentar berupa saran dan kritik sangat kami terima. Mohon untuk tidak menggunakan status sebagai Anonim, karena tidak akan dipublikasikan komentarnya :)