Dapur Cantik

Koleksi Resep Tempe Mendoan Goreng

tempe mendoan goreng dapur cantik
Rekomendasi :
Sering dijadikan sebagai sarapan pagi oleh sebagian orang. Ada juga yang menyantapnya sebagai kudapan di sore hari. Cara membuatnya sedikit perlu diperhatikan tingkat kematangannya agar rasa tempenya menjadi lembut, kulit adonannya pun tidak keras. Bisa menjadi cemilan alternatif saat ada acara kumpul-kumpul. Dicobain az yukz!

Bahan Resep Tempe Mendoan Goreng

  • 1/4 kg tempe
  • 150 gram tepung terigu
  • 1 batang daun bawang, diiris tipis
  • 2 sendok teh kunyit bubuk
  • 1 bungkus kecil bumbu penyedap rasa sapi
  • garam secukupnya
  • air secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Tempe Mendoan Goreng

  1. Tempe dipotong-potong dengan ketebalan 1/2 cm, lalu cuci bersih, sisihkan.
  2. Siapkan mangkuk datar, masukkan tepung terigu, daun bawang, kunyit bubuk, bumbu penyedap dan garam.
  3. Masukkan air sedikit demi sedikit lalu campurkan hingga adonan menjadi agak kental.
  4. Celupkan beberapa potong tempe ke dalam adonan tepung tadi.
  5. Siapkan wajan, tuang dan panaskan minyak goreng. Ambil satu persatu tempe yang sudah dicelupkan tadi dengan adonan yang menempel diusahan agak banyak (agar kulitnya menjadi tebal). Lalu goreng di atas api sedang, tapi jangan sampai kecokelatan, agak matang saja.
  6. Sajikan hangat dengan saus sambal atau cabai rawit.

Tips :
- Di pasar tradisional biasanya sudah tersedia tempe mendoan siap pakai. Hanya sayang, ketebalannya terlalu tipis. Lebih baik menggunakan tempe biasa, karena tempe yang sedikit tebal dengan adonan kulitnya yang tebal juga membuat tempe mendoan lebih nikmat untuk disantap.
- Agar tempenya tidak terlalu kering saat digoreng, sebaiknya jangan digoreng sampai matang, biar lebih lembut rasa tempenya.
- Selagi menggoreng begitu, sambil menunggu, celupkan beberapa tempe lagi ke dalam adonan tepung. Ini dimaksudkan agar tempe menjadi lembut.

Pesan : Selamat Menikmati...

Komentar berupa saran dan kritik sangat kami terima. Mohon untuk tidak menggunakan status sebagai Anonim, karena tidak akan dipublikasikan komentarnya :)