Dapur Cantik

Koleksi Resep Ketupat Mini Praktis Pengganti Ketupat Bersarang

Ada yang merasa kerepotan memasak saat lebaran tiba jika pembantu mudik? Terlebih jika itu adalah urusan memasak ketupat? Kini ada solusi praktisnya yang dapat memudahkan Anda dan juga menghemat waktu.

Bagi yang menyajikan ketupat di hari raya lebaran, kita terbiasa untuk membeli sarang ketupat yang sudah jadi di pasar-pasar tradisional. Setelah itu mengisi sarang ketupatnya dengan beras khusus ketupat dan memasaknya hingga matang. Tentunya langkah-langkah memasak ketupat seperti ini memakan waktu lama dan menyita waktu Anda yang ingin melakukan kegiatan lain untuk hari raya lebaran nanti.

Ketupat Mini Praktis dari Malaysia

Kini ada Ketupat Mini dari NONA, Malaysia. Seperti yang terlihat pada gambar di atas, ketupat praktis yang sudah dikemas dalam setiap bungkus plastik kecil yang sudah berlubang-lubang dan berisi beras asli. 1 pak berisi 33 bungkus saat masih promosi dulu.

Cukup dengan merebusnya dalam panci biasa. Awalnya saat direbus, semua ketupatnya mengapung di atas permukaan air di dalam panci dan setelah tenggelam ke bawah, tandanya ketupat sudah matang. Biarkan dingin kemudian potong-potong sesuai selera. Cara memotongnya pun cukup mudah dan cepat saji.

Ketupat mini tanpa sarang ketupat ini bisa dijadikan sebagai bahan untuk masakan apa saja yang menggunakan lontong. Mudah proses memasaknya dan cepat cara penyajiannya. Benar-benar praktis! Kepadatan lontong dari ketupat mini ini sangat pas sekali, tidak lembek tidak keras.

Sehingga kami pun sebagai keluarga DC, di hari raya lebaran kemarin, merasa sangat terbantu sekali. Terlebih dikarenakan ada suatu kesalahan, pembantu membeli beras ketupat yang sudah lama (sepertinya). Karena saat kami memakan ketupatnya di hari pertama lebaran, rasa beras ketupatnya aneh, pecah, tidak seperti biasanya. Ibaratkan nasi, seperti mengembang dan merekah yang tidak enak gitu.

Alhasil, kami pun mencoba Ketupat Mini ini sebagai alternatifnya karena diluar sana sudah tidak ada lagi yang menjual sarang ketupat :D. Dan hasilnya, seperti yang diceritakan di awal postingan ini :)

5 comments

vy... berarti lebaran ini pake ketupat mini dong.. pantesan mama kemaren borong habis....

Balas

tahun kemarin juga udah mulai pake ketupat mini,kak...enak, praktis..bagus lagi hasilnya, putih bersih :)

Balas

di indonesia belinya di mana mbak?

Balas

salam.....buat temen2 di tanah air.....bener tuh saya pernah bikin ktupat seperti itu,apalagi di london tak ada janur and daun pisang jarang and mahal,jadi tiap kali saya bikin pake plastic,plasticnya kiriman dari ma2 di indo....tak ada daun plastic pun jadi tak ada ktupat....kantong nasi pu jadi.thanks

Balas

hemmm hal semacam ini dikampung kita sering membuatnya.. apakah tidak berbahaya detox yang ditimbulkan dari pembungkus palastiknya..??

Balas

Komentar berupa saran dan kritik sangat kami terima. Mohon untuk tidak menggunakan status sebagai Anonim, karena tidak akan dipublikasikan komentarnya :)