Dapur Cantik

Koleksi Resep Aneka Bumbu Dapur

Masakan Indonesia terkenal dengan banyaknya aneka bumbu dapur yang digunakan. Baik itu yang berasal dari rempah-rempah, umbi atau lainnya. Tidak heran kalau hal ini terkadang membuat kebanyakan orang malas untuk memasak ataupun belajar memasak. Ini dikarenakan tidak betah berlama-lama di dalam dapur atau tidak mampu mengenali bumbu dapur dengan baik.
Dapur Cantik akan mencoba menjelaskan berbagai aneka bumbu dapur yang sering digunakan dalam masakan. Aneka bumbu dapur ini akan diterangkan berdasarkan fungsi, cara penggunaan, tekstur dan cara peyimpanan.


*dari berbagai sumber*

Berdasarkan gambar di atas, diikuti dengan urutan nomornya, berikut penjelasan mengenai aneka bumbu dapur tersebut :

  1. ASAM JAWA

  2. Cara menggunakan asam jawa yang benar dalam memasak adalah gunakan air asamnya saja, caranya rendam dalam air hangat, aduk lalu saring. Namun tidak ada salahnya juga jika ingin menggunakannya langsung secara utuh. Asam jawa berfungsi untuk memberi rasa masakan menjadi lebih mewah. Yang banyak digunakan dan dijual di pasaran adalah asam yang sudah tua tanpa kulit dan tahan lama jika disimpan dalam wadah tertutup. Contoh masakan : sayur asam.

  3. ASAM KANDIS

  4. Asam kandis memiliki ciri berwarna kehitaman dan kering. Biasakan digunakan dalam masakan orang Sumatera. Dapat disimpan tahan lama dalam wadah tertutup. Contoh masakan : asam padeh, gulai aceh, pindang kuah.

  5. BAWANG MERAH

  6. Bawang merah adalah bumbu dapur yang paling banyak digunakan dalam berbagai jenis masakan tradisional Indonesia. Saat ini juga terdapat bawang merah yang dikhususkan untuk membuat bawang goreng, teksturnya lebih ramping dan berwarna pucat. Cara penggunaan dalam masakan adalah dapat diiris atau digiling halus.

  7. BAWANG PUTIH

  8. Seperti halnya bawang merah, bawang putih pun termasuk bumbu dapur yang banyak digunakan. Bisa diiris atau dikeprak sebelum digunakan bersama bumbu dapur lainnya. Bawang putih yang sudah dikupas dapat disimpan tahan lama dalam wadah tertutup yang kering dan taruh di dalam kulkas bagian bawah, jangan dicampurkan dengan bahan sayuran lainnya yang berkondisi basah.

  9. KEMIRI

  10. Agar kemiri tahan lama disimpan, sebaiknya disangrai terlebih dahulu hingga berwarna agak kecokelatan. Simpan dalam wadah tertutup dan siap digunakan kapan saja. Kemiri digunakan untuk membuat masakan menjadi gurih.

  11. CABAI MERAH

  12. Cabai merah terdiri dari dua macam, yaitu cabe merah besar dan cabe merah keriting. Jika suka dengan masakan yang tidak terlalu pedas dan warna masakan lebih menarik, gunakan cabe merah besar. Namun jika doyan masakan yang pedas-pedas, gunakanlah cabe merah keriting tetapi warna masakan yang dihasilkan tidak terlalu merah. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, padukan kedua jenis cabe tersebut dalam satu masakan.

  13. DAUN SALAM

  14. Daun salam digunakan sebagai pengharum masakan. Boleh digunakan daun salam utuh yang masih segar (baru dipetik) atau yang sudah kering dikarenakan rasa masakan yang akan dihasilkannya sama saja.

  15. JAHE

  16. Jenis jahe yang banyak digunakan untuk bumbu masakan adalah jahe kuning, dikarenakan rasa dan aromanya cukup tajam. Cara penggunaannya biasanya dimemarkan terlebih dahulu. Dapat digunakan dalam bentuk irisan ataupun digiling halus menggunakan chopper bersama bumbu dapur lainnya.

  17. KAPULAGA PUTIH

  18. Kapulaga putih adalah salah satu rempah yang banyak digunakan untuk bumbu masakan seperti kari atau gulai. Kapulaga putih berfungsi membuat rasa masakan menjadi lebih sedap.

  19. KENCUR

  20. Tekstur kencur lebih kecil, warna kulitnya cokelat (baca: agak gelap) dan warna dagingnya putih kekuningan. Aromanya sangat khas dan digunakan untuk masakan tertentu seperti membuat aneka peyek. Jika ingin tahan lama,simpan dalam wadah yang kering.

  21. KETUMBAR

  22. Jika ingin mendapatkan aroma ketumbar yang tajam, sebaiknya disangrai dulu sebelum dihaluskan bersama bumbu dapur lainnya.

  23. KUNYIT

  24. Kunyit yang berwarna kuning ini akan lebih mudah dikupas kulitnya jika dibakar dulu hingga berwarna kehitaman. Selain membuat warna masakan menjadi menarik (baca: orange menyala), kunyit juga berfungsi untuk menghilangkan bau amis dari masakan. Kunyit sebaiknya disimpan dalam wadah terbuka dan kering. Jika ingin praktis dan tidak suka jari terkena warna kuning dari kunyit, sudah banyak dijual kunyit bubuk di pasaran.

  25. LENGKUAS

  26. Tekstur lengkuas hampir mirip dengan jahe tetapi warna kulitnya terang kemerahan dan dagingnya agak keras jika dipotong. Biasa dikeprak terlebih dahulu sebelum digunakan dalam masakan.

  27. MERICA

  28. Merica termasuk bumbu dapur yang harus dihaluskan terlebih dahulu sebelum digunakan. Jika ingin praktis, sekarang ini sudah banyak dijual merica bubuk di pasaran yang siap pakai.

  29. PALA

  30. Pala merupakan jenis rempah-rempah yang dapat digunakan sebagai bumbu masakan. Aromanya yang khas biasa digunakan untuk membuar semur. Cara penggunaannya dalam masakan adalah diiris, cukup sedikit saja, tidak perlu banyak-banyak karena pala ini memiliki aroma yang cukup tajam.

  31. SERAI

  32. Seperti halnya daun salam, serai juga berfungsi sebagai pengharum masakan. Cara penggunaannya dikeprak terlebih dahulu sebelum digunakan.

Semoga dengan hadirnya artikel mengenai aneka bumbu dapur ini, tidak ada lagi yang tertukar antara jahe dengan lengkuas ataupun ketumbar dengan kemiri. Happy Cooking!

Komentar berupa saran dan kritik sangat kami terima. Mohon untuk tidak menggunakan status sebagai Anonim, karena tidak akan dipublikasikan komentarnya :)