Dapur Cantik

Koleksi Resep Masbar : Sate Bola-Bola Ketan Hitam & Putih

Sate Bola-Bola Ketan Hitam & Putih
Rekomendasi :
Jajanan pasar bola-bola ketan campur kelapa mulai jarang ditemukan. Dapur Cantik ingin membuatnya kali ini. Menggunakan beras ketan hitam dan putih yang dibentuk menyerupai sate. Lebih nikmat disantap selagi hangat-hangat. Cara membuatnya sangat mudah dan cocok untuk dijadikan cemilan di waktu senggang. Silahkan dicoba!

Belanja dulu yukz :
  • 150 gram beras ketan hitam
  • 150 gram beras ketan putih
  • 250 gram kelapa parut yang kasar, campurkan dengan sedikit garam
  • sedikit air untuk merebus beras ketan

Sekarang ke dapur yukz :
  1. Terlebih dahulu masing-masing beras ketan dicuci, jangan dicampurkan karena warnanya akan menjadi hitam semua.
  2. Beras ketan hitam dan putih dimasukkan ke dalam masing-masing panci, beri air CUKUP sebatas tingginya beras ketan.
  3. Rebus keduanya hingga airnya mengering.
  4. Angkat dan pindahkan ke dalam dandang kukusan. Letakkan per setengah bagian.
  5. Kukus hingga matang, matikan api dan tunggu hingga tidak panas lagi tapi jangan sampai dingin.
  6. Bentuklah beras ketan tersebut menyerupai bola-bola, contohnya seperti gambar di atas.
  7. Gulingkan ke dalam kelapa parut yang sudah dicampur dengan garam.
  8. Sajikan hangat.

Tips :
- Air rebusan untuk beras ketan jangan lebih dari batas tinggi banyaknya beras ketan.
- Tidak harus menggunakan kedua warna beras ketan, bisa salah satu warna saja. Dianjurkan untuk memilih beras ketan hitam karena lebih lembut rasanya.

Pesan : Selamat Menikmati...

logo masak bareng yukKembali Dapur Cantik mengikuti event Masak Bareng Yuk". Kali ini sudah yang kelima kalinya.

Tema dari event MasBar yang digawangi oleh mbak Ayin, Deetha, dan mbak Shinta untuk bulan April 2009 ini adalah jajanan pasar yang menggunakan beras, beras ketan atau tepung ketan. Awalnya ingin re-posting resep Dapur Cantik yang sudah ada, tapi urung karena dari dulu berniat akan membuat bola-bola ketan dan akhirnya "jadi" juga. Disempat-sempatin demi MasBar huehehe :D.

10 comments

Terima Kasih yaa....
udah ikutan Masak Bareng Yuuk 04-2009

oia,udah vote menu untuk bulan depan, blom?
kalo mo vote, boleh di http://masakbarengyuuk.blogspot.com/

sampai jumpa di masak bareng yuuk bulan depan

salam,

Balas

Vy, ini jajan pasar khas Bandung?
aku kok belon pernah liat. apa udah langka ya? hihihi
boleh juga nih minta buatin dirimu... :p

Balas

Sylvi,thanks ya udah mampir..
aku datang juga nih mau mintak bola-bola ketannya.

Balas

Vy, aku juga mau sate bola-bola ketannya, yg ketan hitam kayaknya yummy tuh....

Balas

@MasBar, selama masih bisa ngikutin neh,bu :)
@Deetha, cuma nemu 1 tukang jualannya di bdg :D
@Yeni, monggo di-icip2 ;)
@Mbak Shinta, tul bangets..yg hitam lebih empuk :thumb:

Balas

hi, tx ya sud mampir... iya hampir sama ya jajan pasar kita, cuma punyaku pake ketan hitam aja dan disiram saus gula jawa..hehehehe... tp sama enaknya kok...

Balas

makasih udah mampir k dapurku...kayaknya enak nih satenya...kpn2 nyoba ah...

Balas

@mbak Lintang, Lidia & Retno, nambah juga boleh ko' huehehehe :D

Balas

yumyyy..

mau dunk bagi2...

salam kenal...

Balas

Komentar berupa saran dan kritik sangat kami terima. Mohon untuk tidak menggunakan status sebagai Anonim, karena tidak akan dipublikasikan komentarnya :)