Dapur Cantik

Koleksi Resep Cetakan Kue

Begitu banyak cetakan kue yang dijual di pasaran. Dan biasanya yang sudah terkenal dengan kualitasnya adalah cetakan yang berasal dari Surabaya dan Yogyakarta. Sedangkan untuk cetakan yang menggunakan teflon, sudah banyak juga jenisnya dan kami yakin Anda pun sudah dapat memilihnya dengan baik.
Berikut beberapa cetakan yang sempat digunakan oleh Dapur Cantik di dalam menyajikan resep-resepnya :
  1. Cetakan Kue Cubit

  2. Cetakan Kue Cubit
    Cetakan ini kami beli di pasar Kosambi, Bandung buatan Yogyakarta. Ada 3 macam ukuran, kami memilih yang kecilnya saja, biar tidak repot. Tanpa sengaja, saat membeli kue cubit, diberitahu oleh tukang jualannya, ada alat khusus untuk mengeluarkan kue cubit dari cetakannya. Seperti yang dapat dilihat pada gambar, bentuknya seperti jari yang ingin mencubit kan? Itulah kenapa dinamakan kue cubit he he :D.

  3. Cetakan Kue Pukis

  4. Cetakan Kue Pukis
    Cetakan Kue Pukis ini dibeli di Pasar Kosambi, buatan Suarabaya, sehingga harganya sedikit mahal dan agak berat cetakannya. Cetakan ini sudah dilengkapi dengan tutupnya, tidak seperti cetakan kue cubit yang jika kita ingin ada tutupnya harus memesan dulu.

  5. Cetakan Puding

  6. Cetakan Puding Bertutup
    Cetakan puding bertutup ini dapat dibeli di toko-toko kue. Dengan adanya tutup ini, puding yang disimpan di dalam kulkas tidak akan mengecil (baca: kisut). Dan juga aromanya tidak akan berbaur dengan yang lainnya.

  7. Cetakan Pie

  8. Cetakan Pie
    Cetakan pie yang kami gunakan adalah berdiameter 16 cm, memiliki bagian dasar bawah yang bisa dilepas sehingga memudahkan proses pengeluaran pie setelah matang yaitu cukup dengan mendorong bagian bawah dasar cetakan yang ada bulatan di tengahnya dan pie pun keluar dengan sempurna.

  9. Cetakan Telur

  10. Cetakan Telur
    Cetakan telur ini sudah banyak dijual di supermarket terkemuka di kota Anda. Dapur Cantik dulu mendapatkannya pertama kali saat jalan-jalan ke Medan pada tahun 1999, jadi sudah agak kurang bagus penampilannya. Dengan cetakan telur ini, jadi lebih mudah untuk memotong telur dan hasilnya lebih rapi juga cantik.

  11. Cetakan Kue Lidah Kucing

  12. Cetakan Kue Lidah Kucing
    Cetakan kue lidah kucing ini banyak dijual di pasaran. Lekukan cetakannya tidak terlalu dalam karena bentuk kuenya yang memang pipih. Gunakan jumlah cetakan yang agak banyak saat membuat kue ini, minimal 4 buah. Dan gunakan api yang kecil saat memanggangnya.

  13. Wajan Panggang Pizza

  14. Cetakan Kue Lidah Kucing
    Wajan panggang ini berdiameter 24 cm dan mempunyai tutup. Mirip seperti fry pan, bisa dipakai untuk memasak pizza, martabak.

  15. Cetakan Bulat

  16. Cetakan Bulat
    Bentuk cetakannya mirip dengan cetakan takoyaki, namun yang ini ukuran bulatannya lebih besar dan agak pipih. Cocok untuk membuat bola-bola pisang, bola-bola mie, martabak mini atau cemilan yang lainnya.

  17. Cetakan Kulit Risoles/Lumpia/Dadar Gulung

  18. Cetakan Kulit Risoles/Lumpia/Dadar Gulung
    Cetakan ini dapat digunakan untuk membuat kulit risoles, kulit lumpia ataupun dadar gulung. Praktis, cepat dan mudah penggunaannya.

Posting Cetakan Kue ini akan terus bertambah seiring resep yang dimasak oleh kami jika menggunakan cetakan lagi.

7 comments

kok cuman dikit yaaaaaaa.......

Balas

Sedikit dikarenakan disesuaikan dengan resep yang sudah tersaji di Dapur Cantik,mbak :)

Balas

mbak klo beli cetakan creeps dan pancake di bandung dimana ya?

Balas

@Sugiyanto & Khosy, coba cari di toko2 kue atau pasar tradisional ya :)

Balas

Cetakan Pukis yang terbuat dari bahan kuningan ada gak,Mbak?

Balas

mba aku..aku baru beli cetakan kue pukis....tapi aduh sampai sekarang lengket terus tu kue...susah dikeluarin...ada tip buat cetakan yg baru beli agar tidak lengket?

Balas

@Michella, ada, coba aja di browse pake Google Search..
@Eka, ada disini tips-nya :
http://dapur-cantik.blogspot.com/2008/04/kue-pukis.html

Balas

Komentar berupa saran dan kritik sangat kami terima. Mohon untuk tidak menggunakan status sebagai Anonim, karena tidak akan dipublikasikan komentarnya :)