Dapur Cantik

Koleksi Resep Hot Puding Sukade Roti

hot puding sukade roti
Rekomendasi :
Puding selalu identik dengan dingin disimpan dalam kulkas. Tapi kali ini Dapur Cantik menyajikan puding panas alias Hot Puding. Memang belum begitu dikenal jenis masakan yang satu ini. Panas bukan berarti rasanya yang panas tetapi cara masaknya menggunakan api dan tidak dismpan dulu ke dalam kulkas jika ingin disantap. Penasaran? Dicobain az yukz!

Bahan Resep Hot Puding Sukade Roti

  • 2 lembar roti tawar tanpa kulit pinggir
  • 2 sendok makan sukade aneka warna

  • Adonan campur :
  • 150 mL susu cair
  • 2 butir telur ayam
  • 6 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok makan mentega cair
  • 1/2 bungkus vanili

Cara Membuat Hot Puding Sukade Roti

  1. Pertama siapkan mangkuk yang dibungkus aluminium siap pakai, olesi dengan sedikit mentega pada bagian dalam permukaannya. Sisihkan.
  2. Sukade dicampurkan dengan sedikit tepung terigu agar tidak tenggelam dalam puding nanti. Sisihkan.
  3. Roti tawar dipotong kecil sebesar dadu. Sisihkan.
  4. Siapkan mangkuk bersih, masukkan telur ayam, gula pasir, mentega cair, vanili dan susu cair. Aduk hingga tercampur rata. Sisihkan.
  5. Sekarang taruh sebagian potongan roti tawar ke dalam mangkuk aluminium. Taburkan 1/3 bagian sukade yang sudah dibalut dengan tepung terigu tadi.
  6. Lalu masukkan adonan campur susu tadi ke dalam mangkuk aluminium dari bagian pinggir saja, sedikit demi sedikit, agar roti yang sudah ditata tadi tidak menjadi berantakan.
  7. Taruh lagi sisa potongan roti tadi dan taburi lagi dengan sukade.
  8. Tuang kembali sisa adonan campur susu tadi hingga habis.
  9. Taburi lagi sukade yang terakhir di atasnya. Lalu dengan sendok ratakan bagian atas permukaan hingga semua roti sedikit tenggelam.
  10. Kukus hingga matang kurang lebih setengah jam.

Tips :
- Mangkuk aluminium yang digunakan disini berdiameter panjang sekitar 21 cm.
- Saat dikukus, puding memang mengembang ke atas melebihi wadahnya, jangan khawatir, karena setelah diangkat dan terkena suhu ruangan, puding akan kembali menyusut.

Pesan : Selamat Menikmati...

4 comments

maaf...boleh tau ga..roti tawarnya bukan 1 bungkus..kurleb 10 lembar? Karena saya biasa bikin dg 4 telur,kurleb 300 ml santan..roti tawarnya segitu. Maaf ya...Enak juga di campur kismis dan kelapa muda

Balas

Disini kami membebaskan pembaca untuk memasak sesuai takaran kebutuhannya masing-masing, jadi tidak harus mutlak seperti yang tertulis pada resep DC. Justru kami sangat senang melihat Anda kreatif gini masaknya. Keep cooking! :)

Balas

Maaf mau tanya, sukade ini sebenarnya apa ya?

Balas

@Yuni, sukade itu semacam manisan buah kering terbuat dari kulit jeruk.

Balas

Komentar berupa saran dan kritik sangat kami terima. Mohon untuk tidak menggunakan status sebagai Anonim, karena tidak akan dipublikasikan komentarnya :)